6 Kelebihan BPJS Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Seperti yang sudah diketahui bahwa yang namanya program pemerintah itu ada kelebihannya dan ada juga kekurangannya. Misalnya program BPJS Kesehatan, tentunya program ini ada kelebihannya. Berikut 6 kelebihan BPJS Kesehatan yang harus anda ketahui :

Kelebihan BPJS Kesehatan

1. Murah

Salah satu kelebihan dari BPJS Kesehatan adalah biaya atau iuran yang relatif murah dibandingkan asuransi kesehatan yang biasa. Walaupun biaya iurannya cukup murah, namun layanan yang bisa diperoleh oleh para peserta BPJS Kesehatan ini dianggap tidak murahan. Memang biaya atau iuran pada BPJS Kesehatan ini terbilang muarah. Bagaimana tidak, dengan hanya premi perbulan, untuk kelas 1 sebesar Rp. 59.000, kelas 2 Rp. 49.500, dan kelas 3 sebesar Rp. 25.000, anda sudah bisa mendapatkan perlindungan atau layanan kesehatan mulai dari pemeriksaan, rawat inap, pembedahan, obat dan lain sebagainya secar cuma-cuma. Bahkan katanya, cuci darah serta biaya persalinan pun bisa didapat oleh peserta BPJS Kesehatan dengan gratis.

2. Wajib

Seperti yang sudah diketahui bahwa BPJS Kesehatan ini merupakan program pemerintah yang diwajibkan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan ada Undang-Undang serta peraturan pemerintah yang mengatur kewajiban ini. Artinya, jika ada seseorang yang sudah mengikuti asuransi swasta, maka orang tersebut juga tetap harus mengikuti asuransi BPJS Kesehatan.

3. Tanpa Medical Chek Up

Jika anda mendaftar pada asuransi kesehatan milik swasta, maka anda diwajibkan untuk melakukan medical chek up terlebih dahulu. Dan jika hasilnya anda terkena penyakit yang kritis dan sudah berusia diatas 40 tahun, maka premi anda akan menjadi semakin mahal. Bahkan kemungkinan buruknyapengajuan polis yang ditolak juga bisa terjadi. Namun, bila anda mendaftar di BPJS Kesehatan, di usia beraoun anda boleh daftar menjadi peserta serta tanpa adanya medical check up terlebih dahulu, bukan hanya itu bayi sekalipun bisa didaftarkan di BPJS Kesehatan tersebut.

4. Dijamin Seumur Hidup

Dalam pengamatan sejauh ini, diketahui bahwa asuransi swasta hanya bisa melindungi pesertanya maksimal usia 100 tahun, itupun belum ada testimoni maupun kabar jika ada asuransi yang berani menganggung hingga usia 100 tahun tersebut. Lain halnya dengan BPJS Kesehatan yang berani menanggung perindungan kesehatan pesertanya hingga seumur hidup.

5. Tidak Ada Pengecualian

Kelebihan terkahir dari BPJS Kesehatan adalah tidak adanya pengecualian. Misalnya dalam pendaftaran asuransi swasta, seseorang yang mengalami penyakit yang kronis memang akan ada kemungkinan untuk ditolak. Kalaupun diterima, premi yang akan dibebankan akan sangat mahal. Selain itu klaim dana juga akan suliot cair jika anda dianggap ada kebohongan data saat mendaftar. Namun berbeda dengan BPJS Kesehatan, anda bisa mendafaftarnya tanpa harus ditanyakan penyakit terlebih dahulu yang diderita oleh anda.

6. Pembayaran Yang Mudah Bisa Dilakukan Secara Online

Pada saat ini anda sudah tidak perlu cape-cape antri untuk membayar BPJS Kesehatan di loket pembayaran yang ada di kantor BPJS Kesehatan atau melalui ATM. Tetapi anda bisa membayar iuran BPJS Kesehatan tiap bulannya dengan mudah dan cepat secara online. Pembayaran iuran BPJS Kesehatan online ini bisa anda lakukan di Blibli.com. Caranya juga cukup mudah berikut penjelasannya :

* Buka situs blibli.com

* Kemudian lakukan login

* Lalu pilih menu tagihan/pembayaran BPJS Kesehatan

* Masukkan nomor virtual account BPJS Kesehatan

* Lalu pilih jumlah bulan yang ingin dibayarkan

* Setelah itu klik dan pilih metode pembayaran

6 Kelebihan BPJS Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui
Scroll to top